Resep Lumpia Ayam

>> Friday, December 9, 2011

Mumpung baru aja bergulat di dapur bikin lumpia ayam yang sempet aku tulis kapan lalu, aku jadi inget kalo mau share resep ini.


Makanan ini adalah favorit aku dan si Mas, karena buat si Mas rasanya enak. Kalo aku suka masakan ini karena mudah bikinnya, dan untuk seseorang yang gagap dapur, aku nggak pernah gagal bikin masakan ini. *akhirnya....*

Biasanya aku suka bikin agak banyak kemudian hanya sebagian aja yang aku goreng, lainnya aku masukkin freezer jadi pas si Mas pingin dy bisa goreng sendiri, or kalo ada undangan makan atau kumpul-kumpul bareng ada hantaran yang bisa dibawa. Kan nggak enak tuh kalo dateng ke rumah orang dengan tangan kosong. :)

Sebanyak-banyaknya aku bikin, makanan ini biasanya cuma awet dua sampai tiga hari di kulkas. Karna si Mas nyamil pingin pake ini, makan ditambah ini sebagai lauk katanya enak, ada temen dateng digorengin ini, ya akhirnya tiap weekend salah satu masakan yang wajib dibuat (selain nugget) ya lumpia ini. 

Resep ini udah aku modifikasi cara memasaknnya karna kalo resep aslinya adonan lumpia nggak dimasak, jadi daging ayam cincang dalam keadaan mentah. Sayangnya kalo dagingnya mentah, proses menggorengnya musti hati-hati. Minyak harus dalam keadaan panas saat lumpia masuk, kemudian api dikecilkan sampai isi lumpia benar-benar matang. Kalau nggak pas ngegorengnya, bisa makan daging ayam setengah matang deh.. Udah gitu ada kekurangannya lagi, minyak goreng yang dipakai akan cepat kotor. Wah, ini udah nggak sesuai dengan ide awal sebagai kudapan-praktis lagi niy.

Akhirnya dengan sedikit coba-coba, resep ini aku ganti cara mengolahnya dan ternyata berhasil. Saat menggoreng lebih mudah, dan minyak tidak kotor karena dipakai menggoreng. Tapi kalau ada yang penasaran dengan cara pengolahan resep asli, dibawah aku tulis juga bagaimana cara mengolah ala resep aslinya.


Lumpia Ayam

Bahan:
200 gr daging ayam cincang
1 buah telur ayam, kocok lepas
3 buah daun bawang, green onions (kalo di Oz) or Scallion (kalo di Amrik), iris tipis
5 sdm saus tiram
1 sdm saus sambal
1 sdt minyak wijen
sedikit merica, garam, dan gula.
minyak goreng secukupnya
spring rolls wrapper 

Cara membuat:
1. Tumis dua-pertiga irisan daun bawang dengan dua sendok minyak goreng. Setelah harum masukkan daging ayam. Aduk hingga rata dan ayam tidak menggumpal.

2. Masukkan saus tiram, aduk hingga rata. Lalu masukkan saus sambal, merica, garam, dan gula, aduk rata. Lalu masukkan telur dan aduk cepat hingga telur merata dengan adonan dan tidak menggumpal. Terakhir masukkan minyak wijen dan aduk. Dinginkan.

3. Ambil satu lembar kulit lumpia (spring rolls wrapper), isi dengan satu sendok makan adonan ayam, lalu bungkus, rekatkan dengan telur atau air (aku biasanya pake air). Lalu goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan.

Kalau versi resep asli aduk semua bahan jadi satu kecuali minyak goreng. Lalu isi kulit lumpia dengan adonan ini, kemudian goreng. Mudah banget yah, tapi musti ati-ati kalo saat menggoreng. 

Untuk spring rolls wrapper atau kulit lumpia, biasanya aku pake  'TYJ spring rolls wrapper', recommended banget niy. Semua Asian store yang aku datengin di Indo, di Oz sampai di Amrik, merk ini selalu ada. Abis itu, mereka kalo ditanyain via email mengenai produknya responnya cepet. Suka deh bikin masakan pake produk mereka.

Oiya, resep ini bisa dimodifikasi lagi loh! Bisa ditambah parutan wortel atau sayuran lainnya, atau ditambah vermicelli (bihun) biar isinya makin rame. Selamat mencoba! :)

9 comments:

Arman December 9, 2011 at 2:28 PM  

wah lumpianya pasti enak nih, sampe suaminya makan terus... :D

Chita December 9, 2011 at 2:30 PM  

atau jangan-jangan, nggak ada makanan lain selain lumpia ini hahahaha... :D

Ely Meyer December 10, 2011 at 1:33 AM  

aku kmrn lupa nanya lumpianya isi apa, mau tanya sdh dipos, ya beneran :)

aku juga suuuuuuuuuuuuuka bgt lumpia, makannya pake cabe rawit, kalo yg kubikin itu ditambahi rebung , wortel sama onclang :)

lumpia isi apa saja pasti enak ya, temanku itu kalo aku dolan ke sana mintanya dibawain lumpia, soalnya selain dia suaminya juga suka sekali

Candela December 10, 2011 at 7:57 AM  

Asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikk!!! Resep baru!! Terima kasih chitaaaa :) *copy & paste & save*

Chita December 12, 2011 at 9:57 AM  

Mbak Ely: bagi resep lumpia rebungnya please, tapi yang mudah yah Mbak heheheheh...
Hehehehe, ternyata banyak suami doyan lumpia yah! :)

Candela: You're welcome Dian, mana niy resep lanjutannya? ;) *penasaran tingkat tinggi niy :) *

Winnie December 12, 2011 at 11:46 PM  

mbak Chita selalu berhasil membuat saya merasa lapar ...hehe

Chita December 13, 2011 at 7:07 AM  

Langsung bikin Yuli, biar nggak kelaparan! Nanti kalo udah kirim2 ke sini hihihi... :p

Ely Meyer December 13, 2011 at 8:02 PM  

mudah kok resepnya, cuma bawang putih dioseng terus dikasih pala bubuk dikit garam, diberi irisan bambu dan wortel , daging ayam yg telah direbus dan disuwir suwir, dikasih irisan daun bawang, selesai deh isinya :)... simpel khan resepnya

seto gunadi September 5, 2012 at 7:49 PM  

untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027
Resep sudah teruji dan terpercaya


Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

resep martabak bangka
resep martabak bangka
resep martabak bangka
resep martabak bangka
resep martabak bangka
Resep martabak bangka

Post a Comment

Komentar dan pertanyaan mohon diajukan ke alamat terbaru di http://tempatketiga.wordpress.com/
Terima kasih

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP